Kamis, 26 Februari 2015

Menara Kembar Petronas Kuala Lumpur Malaysia



Introduksi 

Menara Kembar Petronas Kuala Lumpur merupakan bangunan tertinggi dari tahun 1998 hingga tahun 2004 dengan ketinggian 452 meter. Meskipun saat ini telah diungguli oleh Menara Taipei 101 di Taiwan dan Burj Khalifa di Dubai, keduanya masih tetap merupakan Menara Kembar tertinggi di dunia.

Pembangunan dimulai tahun 1991 dan memerlukan waktu tujuh tahun untuk membangun kedua menara tersebut. Meskipun masing-masing menara tampak sama tetapi keduanya dibangun oleh satu konsorsium kontraktor yang berbeda. Jembatan terkenal di lantai 41 dan 42 tidak merupakan bagian kedua menara dan dibangun secara terpisah. Karena kedua menara dapat bergoyang satu sama lain sejauh satu meter akibat tiupan angin, jembatan dirancang mampu bergeser masuk dan keluar pada kedua menara untuk mencegah terjadinya keretakan dan memungkinkan masing-masing menara bergoyang secara terpisah.



Aspek seni dan budaya Muslim digunakan dalam rancangan bangunan. Bagian luar bangunan terbuat dari kaca dan baja dan memiliki motif yang terdapat dalam seni Islam. Bentuk bangunan menyerupai Rub el Hizb, bintang dengan delapan titik terbentuk dari dua persegi empat yang saling bertumpukan.

Pusat kedua menara tersebut terbuat dari beton inti berukuran 23 meter kali 23 meter yang menyangga sebagian besar struktur bangunan, dan lingkar luar tiang-tiang penyangga. Lapisan tanah keras lokasi ini sangat dalam sehingga kedua menara dibangun diatas galian fondasi terdalam di dunia sedalam 120 meter.

Di dasar Menara Petronas terdapat Suria KLCC, pusat belanja bergengsi bertingkat 6 yang di sini dapat dijumpai sebagian besar merek-merek mewah asing. Sayangnya kedua menara tersebut tertutup untuk umum. Meski pengunjung diizinkan untuk naik ke jembatan penyeberangan di lantai 41, tetapi pengunjung dibatasi kurang dari 1000 orang per hari dan tiket untuk hari tersebut hanya dijual pada pagi hari. Petronas menjual dua macam paket, kunjungan untuk ke jembatan penyeberangan saja, atau juga sampai ke lantai 86. Anda harus datang sangat pagi sebelum tiket terjual habis.

Akses ke Menara Kembar Petronas Kuala Lumpur

Menara Petronas mudah dicapai menggunakan kereta api bawah tanah, Jalur Putra LRT. Turun di setasiun KLCC.

Sumber : utiket.com