Saturday, June 14, 2014

Air Mata Belanda Labuha Indonesia


Tentang Air Mata Belanda

Labuha yang merupakan ibukota Kabupaten Halmahera Selatan, Propinsi Maluku Utara memiliki berbagai obyek wisata menarik, salah satunya adalah berupa wisata bertemakan alam. Dari berbagai obyek wisata bertema alam tersebut, salah satu yang bisa Anda temui di kota yang terletak di Pulau Bacan ini adalah Air Mata Belanda.

Nama obyek wisata ini memang terdengar cukup unik. Menurut cerita, nama ini dilatar belakangi oleh sebuah legenda yang pernah ada di tempat ini. Dahulu terdapat satu keluarga Belanda yang sedang berwisata di sekitar sungai yang berada di Air Mata Belanda. Pada saat itu, ada alat makan mereka yang terjatuh ke sungai. Mereka bermaksud mengambilnya namun justru hanyut terbawa arus sungai dan menangis sekuat tenaga.

Obyek wisata Air Mata Belanda ini berupa sungai yang memiliki jeram semi vertikal. Air sungainya sangat bersih, jernih dan sejuk. Terlebih lagi tempat ini agak masuk ke pedalaman sehingga lingkungan sekitar juga masih sangat asri dan alami. Bermain air dan menyusuri sungai merupakan kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di sini. Sejuk, tenang dan alaminya obyek wisata ini menjadikan tempat yang cocok untuk melepas penat dan menyingkir dari kebisingan kota sejenak.

Akses ke Air Mata Belanda

Anda bisa menyewa kendaraan dari pusat kota Labuha atau menggunakan angkot carteran untuk menuju Air Mata Belanda. Namun untuk benar-benar sampai ke lokasi Air Mata Belanda ini Anda harus melakukan trekking menyusuri kawasan hutan tropis dan padang rumput sejauh satu kilometer baru kemudian menuju ke hulu sungai. Titik awal trekking ini berada di belakang kantor DPRD Kabupaten Halmahera Selatan, tidak jauh dari pusat kota Labuha. Ada satu hal yang harus diingat selama trekking, yaitu jangan memetik buah cokelat dari pohon yang diikat dengan pita berwarna merah atau kuning karena menurut warga sekitar jika ada yang berani mengambil buahnya maka akan terkena santet.

Sumber : utiket.com
 

No comments:

Post a Comment