Wednesday, June 18, 2014

Taman Narmada Lombok Indonesia


Tentang Taman Narmada

Taman Narmada terletak di Lembuah Desa, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Sekitar 10 km sebelah timur Mataram, Nusa Tenggara Barat. Taman Narmada memiliki luas sekitar 2 hektar yang dulunya dibangun oleh Raja Mataram Lombok yang bernama Anak Agung Ngurah Karang Asem pada tahun 1727. Taman ini biasa digunakan sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap 5 tahun Bulan Caka (Oktober-November).

Sebagian bangunan yang dianggap sakral sampai saat ini masih dipakai sebagai alat ritual keagamaan oleh pemeluk agama Hindhu.

Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan taman dengan adanya beberapa kolam air yang masih terlihat cantik dan alami tentunya, yang konon dulunya kolam tersebut sering dipakai sebagai tempat pemandian para selir raja.

Selain Bale Mukedas atau Bale Agung yaitu tempat raja beristirahat untuk melihat para selir raja di kamar mandi, terdapat pula air mancur yang disebut "Pemuda Fountain" yang airnya berasal dari Gunung Rinjani yang konon dipercaya dapat membuat seseorang tetap awet muda sehingga air ini disebut Air Muda.

Biaya masuk ke taman ini cukup murah. Untuk wisatawan lokal dikenai biaya Rp 4.000, sedangkan untuk wisatawan asing dikenai biaya Rp 10.000. Meskipun tarif biaya berbeda namun staf di Taman Narmada tetap menyenangkan dan menyambut semua orang dengan antusiasme dan senyum yang sama. Jadi silahkan kamu berkunjung ke taman ini....

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment