Monday, June 2, 2014

Taman Nasional Wakatobi Indonesia



Tentang Taman Nasional Wakatobi

Salah satu obyek wisata bahari di Indonesia yang sangat terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan adalah Taman Nasional Wakatobi. Taman Nasional Wakatobi Berada di Kabupaten Wakatobi, Propinsi Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Wakatobi ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 1996 dengan luas area sekitar 1,39 juta hektar meliputi keaneka ragaman hayati yang menempati salah satu prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Wilayah Taman Nasional Wakatobi meliputi empat pulau, yaitu Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia dan Pulau Binongko.

Kekayaan dan keindahan kawasan Taman Nasional Wakatobi tidak di ragukan lagi. Bahkan salah seorang jurnalis selam yang terkenal di dunia, Jacques Cousteau menyebutkan bahwa Wakatobi merupakan tempat menyelam paling indah di dunia. Di kawasan ini terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Tingkat kedalamannya pun bervariasi sehingga bagi Anda yang belum terlatih menyelam tak perlu khawatir. Tak hanya terumbu karang yang berwarna-warni dan beraneka jenis, berbagai jenis ikan, penyu dan burung-burung pun turut mewarnai tempat ini.

Perairan ini juga menjadi tempat singgah bagi paus putih untuk bermigrasi. Jika Anda beruntung saat Anda berkunjung kesini Anda dapat menyaksikan peristiwa langka tersebut. Jadi tidak ada alasan lagi untuk berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi ini dan pastinya tempat menakjubkan ini hanya ada di Indonesia tercinta. Jika ingin berkunjung ke kawasan ini sebaiknya pada bulan Maret-Mei dan September-November.

Akses ke Taman Nasional Wakatobi

Saat ini telah dibuka jalur penerbangan menuju bandara Wakatobi, Bandara Matahora. Bandara ini terletak di Pulau Wangi-wangi yang menjadi pintu gerbang Taman Nasional Wakatobi. Perjalanan dapat dilanjutkan menuju beberapa pulau lainnya menggunakan speed boat dengan estimasi waktu :
  • Pulau Wangi-wangi-Pulau Kaledupa sekitar satu jam
  • Pulau Kaledupa-Pulau Tomia sekitar tiga jam
  • Pulau Tomia-Pulau Binongko sekitar satu jam

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment