Rabu, 09 Juli 2014

Danau Tondano Manado Indonesia



Tentang Danau Tondano

Danau Tondano adalah sebuah danau yang berada di antara dua kabupaten yakni Kabupaten Tomohon dan Kabupaten Kawangkoa. Tepatnya di desa Remboken, sekitar 3 km dari kota Tomohon atau 30 km dari Manado. Danau ini berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 4.278 hektar. Dengan luas kurang lebih 4.278 hektar, danau ini tercatat sebagai danau terluas di provinsi Sulawesi Utara.

Obyek wisata danau Tandano ini memang menjadi salah satu tujuan wisata di daerah Manado. Hal ini dikarenakan potensi yang terdapat di danau ini tidak kalah dengan potensi yang ada di danau terbesar Indonesia yakni danau Toba.

Selain dikelilingi pegunungan setinggi 700 meter yang tentunya sangat indah dan alami. Danau ini juga memiliki daya tarik wisata yang disebut dengan “Sumaru Endo” Reboken dan Resort Wisata Bukit Pinus (untuk mencapainya harus melakukan perjalanan dari danau Tondano menuju Toliang Oki). Dari kawasan Toliang Oki dan Tondano Pantai, para wisatawan dapat menyaksikan laut Maluku yang sangat mempesona yang berada di luar bukit Lembean.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan danau ini bisa berkeliling danau menggunakan jasa penyewaan perahu yang banyak terdapat di pinggir danau. Harga sewanya untuk satu perahu cukup murah yakni Rp 50.000 dengan muatan 10 penumpang. Akan tetapi, perahu tersebut baru akan dijalankan kalau penumpang sudah genap 10 orang, jadi yaa harus sedikit sabar. Di tengah danau Tondano terdapat satu pulau kecil yang bernama Pulau Likri. Namun sayangnya pengunjung tidak dapat berhenti dan menikmati keindahan pulau tersebut.

Hal ini dikarenakan jalur yang dilalui perahu tersebut mengikuti rute yang berbeda. Salah satu keunggulan lain dari danau ini adalah, adanya ikan khas yang memang hanya terdapat di danau Tondano ini. Ikan tersebut adalah Marbel Goby atau biasa disebut dengan Ikan Betutu. Ikan ini merupakan salah satu komoditi yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Untuk harganya pun bisa dikatakan tinggi dibeberapa Negara, bisa mencapai ratusan ribu perkilonya. Selain dapat menikmati keindahan alam dari danau Tondano ini, para wisatawan juga dapat menyaksikan warga sekitar melakukan kegiatan penangkapan ikan Nike secara tradisional dengan menggunakan jaring yang menyerupai sendok dengan tongkat bambu di kedua sisinya.

Di danau ini para wisatawan juga dapat mencicipi hidangan yang terbuat dari ikan Nike tersebut di restoran atau warung di sekitaran danau. Kebanyakan masyarakat sekitar menjual ikan Nike kecil yang diolah menjadi bakso ikan atau waku-waku (sejenis ikan bakar). Bagi wisatawan yang ingin menginap, di danau ini juga sudah tersedia beberapa hotel atau penginapan yang tidak jauh dari lokasi danau Tondano tersebut. Jadi komplit sudah obyek wisata yang satu ini, Aksesnya, Keindahannya, Fasilitasnya sampai Akomodasinya sudah lengkap. Tunggu apa lagi masukkan Danau Tondano di List perjalanan Anda selanjutnya… Happy Trip and Always Save Our Earth…

Akses ke Danau Tondano

Untuk dapat sampai ke lokasi wisata danau Tondano ini, dari Bandara Sam Ratulangi para wisatawan melanjutkan perjalanan ke kota Manado.

Sesampainya di kota Manado, perjalanan dilanjutkan ke daerah Tomohon. Dari Tomohon ke danau Tondano ini berjarak sekitar 3 km atau sekitar 20 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi ataupun dengan angkutan umum.

Biaya tiket masuk

Rp.4000/Orang

Sumber : utiket.com