Senin, 16 Juni 2014

Air Terjun Sendang Gile Lombok Indonesia


Tentang Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile merupakan obyek wisata yang masih satu lokasi dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Namun keberadaannya memang masih jarang dikunjungi. Air terjun Sendang Gile ini berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya merupakan gerbang bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani.

Air terjun ini berasal dari mata air kaki Gunung Rinjani yang masih sangat bersih, alami, jernih dan tentunya menyegarkan. Menurut cerita warga sekitar, konon nama Sendang Gile ini berasal dari ketidak sengajaan warga sekitar menemukan air terjun ini di saat melakukan pemburuan singa gila yang saat itu diceritakan kerap melakukan kekacauan di kampung-kampung tersebut dan kemudian singa tersebut lari ke dalam hutan, tepat ditemukannya air terjun ini. Sejak saat itu penduduk menyebut Singa Gila dengan kata Sengang Gile dan lambat laun pelafalan Sengang berubah menjadi Sendang dan pada akhirnya air terjun tersebut dinamakan air terjun Sendang Gile.

Air terjun setinggi 31 meter ini terletak di ketinggian kurang lebih 600 meter di atas permukaan air laut. Terdapat dua tingkatan di air terjun ini, dimana tingkat pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya. Air di kolam tersebut akan mengalir ke bawah dan membentuk tingkatan kedua yang jatuh dan membentuk sebuah sungai yang ada di bawahnya. Dasar air sungainya pun relatif datar, sehingga para wisatawan dapat menikmati kesegarannya dengan mandi di bawah air terjun tersebut.

Satu hal yang menarik dari terjun Sendang Gile ini adalah adanya kepercayaan dari masyarakat sekitar bahwa ada kekuatan magis di air terjun ini. Apabila ada wisatawan yang membasuh muka atau mandi di air terjun ini maka akan membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usianya. Namun, sekali lagi ini hanyalah kepercayaan masyarakat sekitar. Boleh percaya boleh juga tidak.

Di kawasan ini hanya terdapat satu toilet, satu tempat ganti pakaian dan sedikit rumah panggung kecil untuk berteduh, masyarakat sekitar menyebutnya berugak. Di lokasi wisata ini juga tidak ada penjual makanan dan minuman. Sebaiknya anda mempersiapkan bekal sebelum berkunjung ke obyek wisata ini. Di sekitar air terjun ini juga belum tersedia penginapan. Penginapan hanya bisa ditemukan di Desa Senaru.

Akses ke Air Terjun Sendang Gile

Dari Kota Mataram, air terjun ini berjarak sekitar 60 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan sewa dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan darat. Di sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan yang indah. Ada dua pilihan rute yang dapat ditempuh: rute yang pertama melalui Pusuk dan rute kedua melalui Pantai Senggigi menuju Desa Senaru. Setelah tiba di Desa Senaru perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga dan harus melalui sebuah lembah yang cukup terjal. Dari pintu masuk hingga ke lokasi air terjun ini membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.

Biaya Tiket Masuk

Tiket masuk ke Air Terjun Sendang Gile sebesar Rp. 5.000 per orang.

Sumber : utiket.com