Kamis, 01 Mei 2014

Angklung yang Mendunia


Anda bisa memainkan angklung? Angklung merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Terdiri dari 2 sampai 4 potong bambu yang dirangkai dengan menggunakan rotan. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan, alunan nada nan merdu akan keluar dari alat musik ini. Setiap angklung akan menghasilkan nada yang berbeda, sehingga akan lebih indah jika dimainkan secara bersama. Setiap pemain harus bekerja sama agar tercipta harmoni lagu yang menarik.

Angklung merupakan kesenian khas Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan. Bahkan seniman Indonesia sekarang ini lebih giat dalam mempromosikan angklung baik di dalam maupun di luar negeri. Angklung sendiri telah masuk ke dalam daftar warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO pada tahun 2010 lalu. Kata angklung berasal dari bahasa Sunda yaitu “angkleung-angkleungan” yakni gabungan dari gerakan pemain angklung, serta suara ‘klung’ yang dihasilkan alat musik ini.

Angklung memang identik dengan kesenian khas Sunda, namun belum ada sumber pasti yang menyebutkan awal mula munculnya kesenian ini. Angklung tertua terdapat di Jasinga, Bogor, Jawa Barat yang diperkirakan berumur sekitar 400 tahun. Angklung tersebut bernama Angklung Gubrag. Meski begitu, tak hanya Jawa Barat saja yang memiliki angklung. Beberapa daerah di Indonesia juga mengenal alat musik ini seperti Jawa tengah, Bali, Madura serta Kalimantan. Fungsi angklung sendiri dahulunya digunakan oleh masyarakat Sunda sebagai penggugah semangat pada saat perang.

Pengakuan terhadap keberadaan angklung oleh dunia internasional pertama kali dilakukan oleh musikus besar asal Australia yaitu Igor Hmel Nitsky pada tahun 1955, dan semakin terkenal hingga sekarang. Bahkan rekor dunia bermain angklung pernah diciptakan di Beijing, China yang melibatkan 5.393 peserta di Stadion Buruh Beijing. Acara tersebut diselenggarakan oleh KBRI.

Sementara itu di tanah air, khususnya di Jawa Barat kita juga bisa menikmati wisata angklung. Salah satunya di Saung Angklung Udjo yang terletak di Jalan Padasuka No 118, Bandung. Di sini hampir setiap hari diadakan pertunjukan angklung. Wisata angklung bisa menjadi pilihan menarik untuk liburan Anda. Jadi Anda bisa turut serta menikmati dan belajar kesenian khas Indonesia ini.

Sumber : utiket.com