Thursday, May 15, 2014

Danau Gunung Tujuh Jambi Indonesia



Tentang Danau Gunung Tujuh

Terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia. Danau ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat kerinci karena Danau Gunung Tujuh merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara, dan sekaligus menjadikannya Danau ke dua terbesar setelah Danau Toba.

Danau ini memiliki ketinggian sekitar 3,805 meter, jalan menuju puncak sangatlah terjal dengan kemiringan mencapai 50 - 60 derajat. Selain melakukan pendakian tidak sedikit yang hanya menikmati udara dan keindahan alam di sekitar Danau.

Bagi para pecinta wisata alam yang sekaligus ingin berpetualang. Tidak salah jika mengunjugi Danau yang satu ini. Selain panoramanya yang indah, Danau ini juga di kelilingi sekitar enam Gunung yaitu:

1. Gunung Hulu Tebo dengan ketinggian 2,525 meter dpl.
2. Gunung Hulu Sangir dengan ketinggian 2,330 meter dpl.
3. Gunung Madura Besi dengan ketinggian 2,418 meter dpl.
4. Gunung Selasih dengan ketinggian 2,230 meter dpl.
5. Gunung Jar Panggang dengan ketinggian 2,469 meter dpl.
6. Gunung Tujuh dengan puncak paling tinggi yaitu 2,732 meter dpl.

Selain itu panorama alam yang dapat di nikmati adalah Air Terjun Gunung Tujuh yang bersumber dari Danau Gunung Tujuh itu sendiri, untuk sampai ke Air Terjun tersebut harus melalui jalan setapak yang tidak jauh dari pos penjagaan.

Selain keindahan alam, udara yang masih asri, tidak sedikit pula Flora dan Fauna yang terdapat di sekitar Danau ini antara lain: Harimau, Beruang Madu, Babi Hutan, berbagai macam Burung serta Kupu-kupu sedangkan untuk Floranya sendiri masih banyak dijumpai berbagai jenis Anggrek dan Kantong Semar.

Di sana juga disediakan tempat penginapan atau homestay yang dapat dipesan sebelum pendakian, biasanya danau ini ramai dikunjungi pada akhir pekan oleh para rombongan pendaki, peneliti ataupun hanya sekedar rekreasi.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment