Jumat, 16 Mei 2014

Danau Kerinci Jambi Indonesia


Tentang Danau Kerinci

Di Provinsi Jambi memang terdapat beberapa danau yang terkenal akan keindahannya. Salah satunya adalah Danau Kerinci. Sesuai dengan namanya Danau Kerinci terletak di Kabupaten Kerinci Jambi, merupakan Danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci. Danau Kerinci terletak di kaki Gunung Raja di ketinggian 780 meter di atas permukaan laut. Luas danau Kerinci sendiri kurang lebih sekitar 80 km persegi dengan kedalaman kurang lebih 110 meter.

Danau Kerinci dikenal dengan keindahannya, pemandangan di sekitar danau memang sangat indah. Anda tidak akan bosan menikmati hamparan air danau yang bening dikelilingi oleh barisan pegunungan yang hijau. Hiruk pikuk masyarakat sekitar Danau Kerinci yang tengah menangkap ikan menggunakan perahu-perahu kecil dan alat-alat tradisional juga menjadi pemandangan yang mengasyikan. Ketika nelayan mendarat jika Anda beruntung Anda juga bisa turut membeli ikan langsung dari nelayan dengan harga yang lebih murah. Walaupun ikan yang hidup di Danau ini bermacam-macam tapi ada satu jenis ikan yang merupakan ikan endemic di Danau ini yaitu ikan Semah. Selain menikmati suasana Danau Kerinci Anda juga bisa berwisata sejarah karena di desa-desa sekitar Danau juga terdapat situs-situs sejarah seperti Dolmen Batu Raja, Rumah Laheik yang merupakan rumah khas kerinci dan batu-batu berukir yang konon merupakan peninggalan manusia purba megalit.

Di Danau Kerinci setiap tahun juga diadakan Festival Danau Kerinci yang menyajikan atraksi-atraksi kesenian budaya Kerinci seperti tari, silat, pameran pemda dan segala hal yang berkaitan dengan budaya. Jadi sebelum Anda berkunjung ke Danau Kerinci Anda sebaiknya mencari tahu dulu di bulan apa Fastival tersebut berlangsung. Agar Anda juga bisa turut serta menikmati acara Istimewa tersebut.

Akses ke Danau Kerinci

Ada beberapa Alternatif untuk mencapai Danau Kerinci.

Alternatif yang pertama perjalanan di mulai dari Jambi menuju sungai Penuh. Jarak yang ditempuh sekitar 500 km dengan waktu tempuh selama 10 jam

Alternatif yang kedua dari Kota Padang menuju Tapan dilanjutkan ke Sungai Penuh jarak tempuh sekitar 278 km lama perjalanan sekitar 7 jam.

Alternatif ketiga dimulai dari Padang menuju Muaralabuh, kemudian menuju ke Kersik Tuo. Jarak yang ditempuh sekitar 211 km dengan lama perjalanan sekitar 5-6 jam.

Biaya Tiket Masuk 

Tarif masuk ke obyek wisata Rp 3000,- untuk orang dewasa dan Rp 2000,- untuk anak-anak.

Sumber : utiket.com