Wednesday, June 18, 2014

Festival Budaya Erau 2014


Festival Budaya Erau merupakan festival tahunan yang berasal dari kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Festival ini merupakan festival budaya tertua yang ada di Indonesia. Tahun 2014 ini Festival Budaya Erau akan diselenggarakan mulai tanggal 15 hingga 22 Juni 2014 bertempat di Kota Raja, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Festival ini sudah berlangsung sejak abad ke-13 dan merupakan warisan budaya dari Kesultanan Kutai Kertanegara. Kata ‘Erau’ berasal dari bahasa Kutai “Eroh” yang bermakna ramai, bergembira, berpesta ria atau suasana yang penuh dengan sukacita.

Awalnya tradisi Erau berfungsi sebagai upacara penobatan raja. Namun dalam perkembangannya, tradisi ini digunakan pula untuk pemberian gelar dari Raja kepada tokoh masyarakat yang dianggap berjasa terhadap kerajaan. Seiring dengan jatuhnya Kesultanan Kutai Kertanagara, tradisi Erau beralih fungsi menjadi semacam pesta rakyat / festival budaya yang tetap dilestarikan hingga kini. Festival ini sekarang telah masuk dalam kalender event pariwisata nasional. Acaranya pun tidak hanya mengulas tentang seni dan budaya dari Keraton Kutai Kertanagara saja, melainkan lebih bervariasi. Beragam seni dan budaya yang ada dan hidup di seluruh wilayah Kabupaten Kutai Kertanagara turut ditampilkan di festival ini.

Untuk Festival Budaya Erau yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 hingga 22 Juni 2014 nanti akan diramaikan pula dengan tim kesenian yang berasal dari sebelas negara yang berbeda. Sebelas negara tersebut merupakan anggota dari International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art (CIOFF). Adapun kesebelas negara tersebut adalah Belanda, Hungaria, Rusia, Filipina, Italia, Latvia, Mesir, Bangladesh, Korea Selatan, Kolumbia dan Kroasia. Partisipasi dari negara-negara anggota CIOFF ini merupakan wujud kerja sama dari pertukaran seni pertunjukkan antarnegara. Tak diragukan lagi, festival ini pastinya akan mengundang banyak wisatawan baik lokal maupun wisatawan mancanegara untuk datang dan menonton pertunjukkannya.

Akses

Untuk menuju ke Kutai Kertanegara, Anda dapat melakukan keberangkatan dari kota Samarinda. Dari pusat kota Samarinda, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum seperti taksi menuju ke kota Tenggarong. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit perjalanan.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment