Selasa, 24 Juni 2014

Gua Mampu Makassar Indonesia



Tentang Gua Mampu

Gua Mampu yang menyimpan keindahan dan legenda terletak di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Gua ini terletak di ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut, tepatnya berada di lereng Gunung Mampu. Bila dilihat dari jauh gunung ini menyerupai sebuah kapal yang terbalik. Sementara itu di salah satu sisi puncak Gunung Mampu terdapat lubang yang tembus di antara langit-langit Gua Mampu.

Gua ini mempunyai cerita legenda yang menarik. Masyarakat sekitar mengenalnya dengan sebutan Legenda Kutukan Mampu. Legenda ini mengisahkan tentang sumpah seorang raja yang mengutuk rakyatnya menjadi batu. Ilustrasi dari legenda tersebut dapat disaksikan lewat sejumlah bentuk bebatuan yang menyerupai makhluk-makhluk hidup yang terdapat di dalam gua.

Gua ini terbentuk dari proses alam selama ratusan tahun lalu dan untuk dapat memasuki gua ini Anda harus membawa alat penerangan karena kondisi di dalam gua sangat gelap. Di dalam Anda akan disuguhi pemandangan gua dengan banyaknya stalagmit dan stalagtit yang sangat menawan dan berjejer rapi. Anda juga akan mendapatkan pemandangan dua kuburan kuno yang akan menambah nuansa mistis di gua ini. Satu kuburan terletak di tengah gua dan satu lagi terletak di puncak lantai ke tujuh.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai bentuk bebatuan yang mirip dengan makhluk hidup seperti kuda yang sedang berlari, buaya, tikus yang menggantung dan masih banyak lagi serta sebuah batu besar yang berbentuk seperti perahu. Keberadaan gua seluas 2000 meter persegi ini juga merupakan tempat bagi para penduduk sekitar untuk mencari nafkah dengan cara mengumpulkan kotoran kelelawar untuk dijadikan pupuk.

Akses ke Gua Mampu

Gua Mampu berjarak sekitar 140 km dari Kota Makassar. Untuk menuju ke gua ini, Anda dapat menempuh perjalanan darat dari kota Makassar menuju Kabupaten Bone selama kurang lebih 4 jam. Setibanya di perempatan jalan menuju Kabupaten Wajo dan Desa Cendrana, Kabupaten Bone anda akan menemukan gapura dengan tulisan Wisata Alam Gua Mampu. Gapura ini berada di depan jalan menuju Desa Cabbeng, Kabupaten Bone. Anda tinggal mengikuti jalan beraspal dari gapura tersebut untuk menuju lokasi Gua Mampu. Sepanjang perjalanan menuju Gua Mampu, anda akan disuguhi dengan pemandangan hamparan sawah.

Biaya tiket masuk

Untuk memasuki gua ini, anda dikenakan biaya Rp. 2.000 untuk dewasa dan Rp. 1.000 untuk anak-anak. Jika tidak membawa alat penerangan sendiri, anda dapat menyewa obor dengan harga Rp. 2.000 per obor. Agar lebih mudah untuk menelusuri gua ini, anda dapat menyewa pemandu dengan biaya Rp. 20.000.

Sumber : utiket.com