Kamis, 10 Juli 2014

Air Terjun Tunan Manado Indonesia


“Manado menjelang pagi” by Denny Taroreh

Tentang Air Terjun Tunan

Sulawesi Utara tempatnya Manado memang kaya akan tempat wisata yang patut untuk di kunjungi, selain Bunaken yang sudah terkenal baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing, ada lagi tempat wisata lain yang juga tidak kalah menariknya. Salah satunya adalah Air Terjun Tunan, air terjun ini terletak di Desa Talawan, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 85 meter serta memiliki arus tumpahan yang cukup deras. Walaupun masih belum terlalu terkenal, karena kurangnya promosi dari pemda setempat namun keindahan Air Terjun Tunan bisa di acungi jempol. Namun jika musim libur tiba Air Terjun Tunan tetap dipenuhi oleh wisatawan.

Suasana di sekitar air terjun ini masih sangat asri, sepanjang mata memandang yang terlihat pepohonan hijau yang begitu sejuk di mata. Pemandangan itu semakin serasi dengan suara gemericik air terjun yang menyejukan hati. Membuat tempat wisata ini sangat cocok untuk kembali menyegarkan pikirin setelah berkutat dengan rutinitas sehari-hari. Di air terjun ini Anda pun bisa berenang di air kolam yang ada di bawah air terjun sambil menikmati segarnya percikan air terjun. Kedalaman kolam sekitar 1,5 meter dan di sekitar kolam terdapat banyak bebatuan yang licin. Jadi, Anda harus tetap waspada saat bermain air apalagi jika Anda membawa anak kecil.

Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan ketika akan mengunjungi Air Terjun Tunan yang pertama Anda harus mambawa baju ganti, yang kedua siapkan juga uang tunai dengan jumlah cukup karena lokasi air terjun jauh dari ATM. Untuk masalah makanan Anda tak perlu khawatir karena di sekitar lokasi banyak terdapat penjual makanan dan minuman menggunakan tenda. Harga makanannya pun relatif murah.

Akses ke Air Terjun Tunan

Perjalanan bisa dilakukan dari Kota Manado maupun Bandara Sam Ratulangiperjalanan bisa menggunakan kendaraan pribadi, mobil sewa atau angkutan umum. Namun untuk angkutan umum sendiri cukup sulit di temukan. Jadi ada baiknya menggunakan mobil sewa saja. Adapun biaya sewa mobil yaitu sekitar Rp 250.000,- per hari. Tetapi jika Anda ingin menggunakan angkutan umum bisa menggunakan bus dari Terminal Karombas yang menuju Dimembe, kemudian dari Dimembe bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek. Adapun rute menuju lokasi jika menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa yaitu dari Manado lakukan perjalanan yang naik kearah timur menuju kecamatan Dimembe dengan menngunakan jalan menuju bandara. Saat di pertigaan antara bandara dan Dimembe kita pilih jalan menuju Air Terjun Tunan sekitar 20 menit perjalanan dari desa tersebut.

Sumber : utiket.com