Kamis, 12 Februari 2015

Pantai Sepanjang Yogyakarta Indonesia



Introduksi 

Salah satu pantai yang harus Anda kunjungi bila berlibur ke Yogyakarta adalah Pantai Sepanjang. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Disebut Pantai Sepanjang karena garis pantai ini merupakan yang terpanjang diantara pantai-pantai lain yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Kondisi pantai ini disebut-sebut mirip dengan kondisi Pantai Kuta yang ada di Bali. Hanya saja Pantai Sepanjang ini masih cukup alami, tenang dan asri.

Suasana di kawasan pantai ini cukup menyejukkan. Hamparan pasir pantainya berwarna putih kecoklatan. Beberapa pohon palem menghiasi bibir pantai. Uniknya, bila air laut sedang surut, maka akan nampak batuan karang yang tak beraturan sebagai dasar pantainya. Bila mau bisa pula bermain air di tempat ini, namun ingat jangan terlalu ke tengah. Di belakang pantai terdapat dua bukit. Penduduk setempat memanfaatkan bagian lereng bukit tersebut untuk menanam jagung atau tanaman lainnya. Pantai ini termasuk landai dan kondisinya langsung diterpa ombak, sehingga tidak cocok digunakan untuk melaut. Tanah di atas bukit tersebut sebagian sudah ada yang dibeli oleh investor. Rencananya tanah tersebut akan dibangun villa yang fungsinya nanti bisa digunakan sebagai tempat penginapan bagi wisatawan.

Fasilitas

Di pinggir pantai ini banyak terdapat gubuk yang menyediakan berbagai makanan dan minuman bagi para wisatawan. Selain itu gubuk ini juga berfungsi sebagai tempat berteduh sembari menikmati keindahan pantai. Beberapa penginapan dan warung kerajinan tangan bisa Anda jumpai di sekitar kawasan pantai, salah satunya adalah kerajinan tangan dengan bahan dasar cangkang kerang.

Akses ke Pantai Sepanjang Yogyakarta

Jarak dari Yogyakarta ke lokasi pantai ini sekitar 25 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Baik roda dua maupun roda empat. Waktu tempuhnya sekitar dua jam perjalanan.

Rutenya :

Dari pusat kota Yogyakarta - Wonosari - Jalan Baron - Tanjungsari - Pertigaan masuk kawasan Pantai Baron ke arah timur - Pintu masuk Pantai Kukup ke timur - Pantai Sepanjang.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk ke kawasan ini sekitar Rp 10.000 per orang.

Sumber : utiket.com