Senin, 03 Februari 2014

Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan Indonesia


Tentang Penangkaran Buaya Teritip

Salah satu obyek wisata yang berbasis Ekowisata unik yang ada Di Balikpapan yaitu Penangkaran Buaya Teritip. Penangkaran buaya ini terletak di Kelurahan teritip persisnya di Jl. Mulawarman No 66, Desa Teritip Kecamatan Balikpapan Timur. Letaknya tidak jauh dari Pantai Manggar yang merupakan objek wisata favorit di Balikpapan. Penangkaran ini cukup luas, luas area penangkarannya sekitar 5 ha. Jumlah buaya yang ada di penagkaran ini pun cukup banyak yaitu sekitar 3.000 yang terdiri dari tiga jenis buaya yaitu buaya muara, buaya supit dan buaya air tawar. Buaya Air Tawar dan buaya Sumpit masuk kedalam katagori buaya langka.

Penangkaran Buaya Teritip merupakan penangkaran yang memiliki jumlah buaya terbanyak di Kalimantan Timur. Buaya-buaya tersebut berada didalam kandang-kandang yang telah diklasifikasikan ke dalam empat jenis yaitu kandang untuk anak buaya, kandang untuk buaya muda, kandang untuk buaya dewasa, dan kandang untuk menimbang berat badan buaya. Disini Anda bisa mendapatkan info tentang buaya, mulai dari habitat hingga proses perkembang biakan buaya. Jangan segan-segan bertanya kepada pemandu jika ada yang ingin Anda ketahui. Buaya memang di kenal sebagai hewan yang liar dan buas, tapi disini Anda tidak hanya bisa melihat gerak-gerik buaya secara dekat akan tetapi Anda juga bisa memberi makan buaya secara langsung. Pengelola sudah menyiapkan pakan berupa ayam seharga Rp 10.000,- yang bisa Anda beli untuk makanan buaya. Melihat buaya makan dengan lahap menjadi pemandangan menarik yang bisa Anda temui disini. Namun tetap waspada ya saat Anda berwisata disini, selalu patuhi peraturan yang ada karena jika tidak bisa-bisa Anda yang diserang oleh buaya.

Di tempat ini juga di sediakan wisata satwa lainya seperti menunggang dua gajah Lampung mengelilingi kompleks penangkaran. Puas berkeliling Anda juga bisa mencicipi hidangan unik yang lain dari pada yang lain yaitu sate buaya, harga sate buaya ini yaitu Rp 3.000,- per tusuknya. Sebelum pulang jangan lupa untuk membeli souvenir unik antara lain tangkur (alat kelamin buaya), minyak buaya dan lain-lain. Namun souvenir unik tersebut hanya tersedia di akhir pekan atau hari libur saja.

Akses ke Penangkaran Buaya Teritip

Lokasi Penangkaran Buaya Teritip berjarak sekitar 27Km timur dari pusat kota. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan mobil sewa, motor, taksi atau angkutan umum kota No. 7. Waktu tempuh sekitar 30 menit. Namun jika Anda dari Bandara Sepinggan waktu tempuhnya sekitar 20 menit.

Jam buka

Jam buka setiap hari dari jam 08.00-17.00 waktu setempat.

Maskapai terbang ke Balikpapan



Sumber : utiket.com