Senin, 24 Maret 2014

Es Pisang Ijo khas Makassar


Saat cuaca panas, minuman sejenis es menjadi salah satu pilihan untuk menyegarkan tenggorokan. Nah, salah satunya adalah wisata kuliner asal Makassar yakni es pisang ijo. Seperti namanya, bahan utama yang digunakan memang menggunakan pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Dulunya makanan ini hanya bisa ditemui di Bulan Ramadhan saja dan menjadi menu spesial orang Makassar saat berbuka puasa. Kini es pisang ijo sudah bisa kita jumpai kapan dan dimana saja. Bahkan di luar kota Makassar

Es pisang ijo terdiri dari pisang yang dibalut dengan dadar tepung berwarna hijau. Pisang yang digunakan biasanya adalah pisang raja. Pisang ini kemudian dipotong bulat lalu ditambah es serut, bubur sumsum dan terakhir diguyur dengan sirup merah dan susu kental manis. Bisa dibayangkan kan betapa segar es pisang ijo ini. 

Di Makassar sendiri es pisang ijo yang paling terkenal ada di Warung Bravo. Es pisang ijo di sini terkenal beda karena perpaduan manisnya sangat pas. Selain itu adonan tepung yang menyelimuti pisang juga tebal dan kenyal. Di Warung Bravo tersedia menu es khas Makassar lainnya yakni Es Palu Butung. Camilan khas Makassar seperti Jalang Kote (semacam pastel khas Makassar), lumpia serta otak-otak tersedia juga di warung ini. 

Jika ingin menu yang lebih berat, tersedia juga coto Makasar, sop konro, hingga nasi goreng. Es pisang hijau disini harganya Rp 14.000, sedangkan es palu butung sekitar Rp 13.000, untuk makanan lainnya harganya berkisar mulai Rp 3.500. Warung ini berada di Jalan Andalas 154. Jika Anda sedang jalan-jalan ke Makasar tak ada salahnya untuk mampir dan mencicipi es pisang ijo disini.

Sumber : utiket.com