Jumat, 21 Maret 2014

Lima Kecelakaan Pesawat Terburuk di Dunia


Ada beberapa kecelakaan pesawat yang terjadi di dunia ini. Baik kecelakaan kecil seperti roda pesawat tergelincir atau kecelakaan besar yang menyebabkan korban hingga ratusan jiwa. Berikut ini merupakan beberapa kecelakaan pesawat terburuk yang pernah terjadi di dunia : 

Japan Airlines 1985

Kecelakan pesawat ini terjadi di Jepang pada tanggal 12 Agustus 1985. Pesawat dari maskapai Japan Airlines yang berjenis Boeing 747-100SR jatuh di Gunung Takamagahara yang ada di dekat Gunung Fuji.  Kecelakaan pesawat ini memakan 520 korban jiwa. Penyebab kecelakaan adalah kerusakan teknis yang terjadi pada bagian penyekat buritan pesawat dan kemudian pecah. Akibatnya terjadi ledakan pada bagian ekor pesawat. Pesawat memutar tak kendali selama kurang lebih 30 menit yang akhirnya menabrak gunung dengan posisi bagian punggung pesawat terlebih dahulu menghantam tanah. Hampir seluruh penumpang tewas dalam kecelakaan ini, hanya ada 4 penumpang saja yang selamat. 

KLM dan Pan Am 1977

Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 27 Maret 1977 dan disebut sebagai kecelakaan pesawat paling mengerikan yang pernah terjadi. Kecelakaan terjadi Antara pesawat KLM dan pesawat Pan Am di Bandara Los Rodeos Tenerife, Kepulauan Canary Spanyol. Kedua pesawat ini mengalami tabrakan dikarenakan komunikasi yang kurang baik antara pilot dengan petugas ATC. Saat itu cuaca berkabut tebal, namun pesawat KLM melakukan take off tanpa seizin Air Traffic Controller (ATC). Sementara pada saat bersamaan, pesawat Pan Am sedang menyebrangi landasan yang sama untuk bersiap berangkat. Tabrakan pun tak bisa dihindarkan. Korban meninggal dalam kecelakaan ini sebanyak 583 orang, sedangkan korban selamat hanya sebanyak 61 penumpang saja. 

Turkish Airlines 1974

Kecelakaan ini terjadi pada tahun 1974 dimana pesawat Turkish Airlines akan menempuh perjalanan dari Paris menuju London. Namun pesawat tiba-tiba meledak sesaat setelah lepas landas dari Bandara Paris Orly Airport. Ledakan disebabkan karena salah satu pintu kargo terbuka saat pesawat sedang terbang, sehingga tekanan udara menjadi tidak stabil dan hilang kendali. Badan pesawat menjadi terkoyak dan seluruh sistem hidrolik dalam pesawat rusak. Pesawat ini kemudian jatuh ke dalam kawasan hutan Ermenonville di dekat Paris. Sebanyak 346 penumpang meninggal dalam kecelakaan ini. Untuk mengenang tragedi ini di dekat tempat kejadian kemudian dibangun monumen yang bertuliskan nama penumpang yang meninggal dalam kecelakaan. 

Air India 1985

Kecelakaan pesawat tragis ini terjadi pada maskapai Air India pada tanggal 23 Juni 1985. Kecelakaan disebabkan oleh teroris yang berasal dari etnis Sikh asli India yang berhasil menduduki pesawat dan meledakan bom di dalam pesawat pada ketinggian 31.000 kaki. Pesawat yang terbang dari Montreal di Kanada menuju New Delhi India ini akhirnya hancur berkeping-keping terjun ke dalam Samudra Atlantik. Sebanyak 319 penumpang meninggal dalam kecelakaan ini. 

Saudi Arabian Airlines dan Kazakhstan Airlines 1996

Kecelakaan pesawat ini terjadi di dekat kawasan New Delhi pada tanggal 12 November 1996. Sebanyak 349 penumpang meninggal dalam kecelakaan. Saat itu Saudi Arabian Airlines akan terbang dari New Delhi menuju Dhahran di Arab Saudi. Sementara Kazakhstan Airlines terbang dari Shymkent di Kazakhstan menuju New Delhi. Di kawasan Charkhi Dadri kedua pesawat ini mengalami tabrakan

Sumber : utiket.com