Monday, March 3, 2014

Benteng Marlborough Bengkulu Indonesia


Tentang Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan benteng terbesar yang dibangun oleh kolonial Inggris di Asia Tenggara dan terletak di pusat kota Bengkulu yang menghadap ke laut. Benteng Marlborouh berukuran 240 x 170 meter dan berbentuk persegi. Meskipun terlihat mengesankan, Benteng Marlborough hanya di gunakan dua kali yaitu pada masa pemberontakan oleh orang Indonesia (1719) dan oleh Perancis tahun 1760.

Pasukan Inggris datang ke Bengkulu (Bengcoolen sebutan orang Inggris) pada tahun 1685 dan mendirikan pos perdagangan lada. Hampir dua puluh tahun kemudian pada tahun 1713, pada masa kepemimpinan gubernur Joseph Callet, mereka melakukan pembangunan benteng yang selesai sekitar enam tahun.

Inggris melakukan kegiatan ekonomi di Bengkulu dengan bisnis Perdagangan lada karena kurangnya lada di tanah sekitar. Inggris bersikeras untuk tinggal dan bertahan di Bengkulu selama 100 tahun 1825 meskipun di bawah perjanjian Anglo-Belanda 1824, Bengkulu dipindahkan ke Belanda.

Presiden Soekarno kemudian diinterogasi oleh Belanda selama beberapa jam di salah satu sel setelah penangkapannya pada tahun 1929. Belanda meninggalkan Bengkulu setelah Perang Dunia Kedua dan kemudian polisi Indonesia menggunakan benteng ini, setelah merdeka. Benteng Marlborough direnovasi besar-besaran pada tahun 1977 yang kemudian menjadikannya sebuah museum.

Benteng ini terletak di sebuah bukit kecil yang menghadap laut. Di dalamnya terdapat sebuah penjara, penyimpanan amunisi, barak tentara dan sebuah terowongan menuju ke luar benteng. Pintu masuk benteng terbuat dari logam besar dan tebal. Terdapat pula jembatan dengan panjang 10 meter dan pintu lain. Di balik pintu itu adalah pusat penjara dan barak yang berada di dalam benteng. Tidak ada bangunan di halaman, penjara, tempat tinggal, dapur dan kantor-kantor dibangun terpisah. Ada juga tangga ke lantai atas, dan kamu bisa menghadap ke Samudera Hindia, di lantai atas juga terdapat beberapa meriam tua dan masih asli.

Akses ke Benteng Marlborough

Benteng Marlborough terletak di pusat Bengkulu di sebelah timur Jl. Jend. Ahmad Yani.

Maskapai terbang ke Bengkulu



Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment