Jumat, 28 Maret 2014

Tips Berlibur di Bali Saat Nyepi


Tahun ini Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 31 Maret 2014. Praktis di hari Nyepi itu pulau Bali akan syahdu dan sunyi nyaris tanpa aktivitas. Para wisatawan pun kebanyakan hanya boleh beraktivitas di dalam hotel saja. Mungkin terdengar membosankan ya, pergi berlibur ke Bali saat hari Nyepi seperti itu. Eits, tunggu dulu berlibur ke Bali saat nyepi tetap bisa seru kok dengan tips berikut : 

Pilih tiket pesawat sebelum atau sesudah Hari Raya Nyepi

Saat Nyepi bandara akan ditutup. Begitu juga dengan kendaraan lainnya juga tidak diperbolehkan beraktivitas. Sebaiknya Anda datang ke Bali maksimal H-2 sebelum Nyepi. Agar Anda tidak terjebak di dalam bandara karena hampir semua aktivitas berhenti. Begitu juga untuk tiket pesawat pulangnya pilih penerbangan paling tidak satu atau dua hari setelah Hari Raya Nyepi. 

Pilih hotel dengan fasilitas lengkap

Saat Nyepi biasanya beberapa hotel di Bali menyediakan promo menarik dengan harga yang jauh lebih murah. Tapi Anda harus jeli ya, pilih hotel yang menyediakan fasilitas lengkap. Kenapa? Karena pada saat Nyepi wisatawan hanya diperbolehkan di lingkungan hotel saja, tidak boleh pergi jalan-jalan ke tempat wisata. Jika fasilitas hotel lengkap Anda bisa memanfaatkannya untuk mengisi hari Anda selama Hari Raya Nyepi

Bawa senter elektronik

Malam hari di saat Nyepi semua lampu akan dimatikan termasuk lampu kamar hotel kecuali bila Anda membawa anak kecil. Lampu yang boleh tetap menyala hanya lampu baca saja. Untuk itu Anda bisa membawa senter elektronik yang bisa dichas ketika habis untuk menerangi kamar Anda. 

Bawa bekal makanan dan obat-obatan

Saat Nyepi tidak ada warung makanan yang buka, meskipun pihak hotel biasanya masih tetap menyediakan makanan yang bisa diantar ke kamar Anda. Namun untuk jaga-jaga sebaiknya Anda menyediakan bekal makanan dan minuman. Semua minimarket di Bali akan buka hingga pukul 22.00 WITA sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Anda bisa membeli aneka makanan dan minuman disana. Begitu juga dengan obat-obatan. Sebaiknya siapkan obat pribadi karena pada saat Nyepi aktivitas rumah sakit pun juga terbatas. 

Bawa perlengkapan renang, buku, gadget dan laptop

Beberapa benda inilah yang bisa menjadikan hari Anda tetap seru meskipun hanya berada di lingkungan hotel. Anda tetap bisa berenang di dalam hotel, membaca buku di dalam kamar, bermain gadget atau laptop, serta mendengarkan musik dengan headset juga masih bisa Anda lakukan asalkan tidak membuat kegaduhan. Selain itu biasanya beberapa hotel juga menyediakan Paket Khusus untuk memperingati Hari Raya Nyepi seperti yoga, sauna atau message. 

Menyaksikan ritual menyambut Nyepi

Ada beberapa ritual yang dilakukan oleh umat Hindu Bali menjelang perayaan Nyepi. Ritual ini sangat menarik untuk wisatawan. Wisatawan pun boleh turut serta menyaksikannya asalkan menggunakan pakaian yang sopan dan tidak mengganggu pelaksanaan ritual. Ritual yang dilangsungkan antara lain ritual Melasti yang bertujuan untuk membersihkan benda-benda yang disakralkan ke laut, danau atau sumber mata air. Ritual ini diselenggarakan beberapa hari sebelum perayaan Nyepi. Ritual lainnya yakni Upacara Tawur Agung Kesanga yaitu upacara pengorbanan suci untuk menetralisir para roh jahat agar tidak mengganggu kehidupan manusia. Upacara biasanya akan dilakukan pada siang hari. Pada malam harinya sekitar pukul 19.00 WITA, masyarakat dan wisatawan bisa menyaksikan parade ogoh-ogoh yaitu boneka besar yang merupakan simbol dari roh jahat dan diarak.

Sumber : utiket.com