Sabtu, 29 Maret 2014

Bandara Dengan Mall Pertama di Indonesia


Setelah Bandara Kualanamu di Medan, satu lagi konsep bandara keren yang ada di Indonesia. Dibalik pro dan kontra rencana pergantian nama bandara menjadi Bandara Internasional Aji Muhammad Sulaiman, kali ini giliran Bandara Sepinggan yang mempunyai terminal bandara baru dengan konsep mall. Terminal bandara baru ini menjadikan Bandara Sepinggan sebagai Bandara dengan mall yang pertama di Indonesia. 

Bandara Sepinggan berada di Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Karena selalu melebihi kapasitas penumpang, akhirnya pemerintah merenovasi bandara sepinggan ini dengan membangun terminal baru. Setelah renovasi diharapkan bandara ini mampu menampung 15 juta penumpang per tahunnya dari kapaitas awal yang hanya mampu menampung sekitar 2 juta penumpang saja per tahun. Terminal bandara baru ini sudah mulai beroperasi sejak Sabtu lalu tanggal 22 Maret 2014. 

Proses renovasi bandara sendiri selesai dalam jangka waktu 32 bulan yaitu dimulai sejak Agustus 2011. Bandara ini mempunyai konsep futuristik modern. Renovasi bandara sendiri menghabiskan dana kurang lebih sekitar Rp 2 triliun yang digunakan untuk membangun terminal penumpang seluas 110.000 meter dan gedung parkir seluas 77.000 m. Sedangkan proyek bandara ini dikerjakan oleh PT Angkasa Pura I. 

Salah satu keistimewaan terminal baru Bandara Sepinggan ini adalah dilengkapi dengan aneka fasilitas yang modern. Ada Mal setinggi tiga lantai, sehingga penumpang yang baru turun dari pesawat bisa langsung melintasi mal tersebut. Selain itu bandara ini juga dilengkapi dengan fasilitas butik dan hotel. Fasilitas lainnya adalah bandara dilengkapi dengan 11 unit garbarata, 74 konter check in, 8 unit conveyor dan apron seluas 140.900 m persegi. 

Untuk sistem keamanan bandara sendiri telah dilengkapi dengan fasilitas yang mutakhir seperti aplikasi Airport Integrated Management System (AIMS) dan Hold Baggage Screening (HBS) level 4 serta memilii gedung parkir yang mampu menampung hingga 2.300 unit kendaraan. Asyiknya lagi bandara ini memiliki banyak taman di dalam ruangan. Taman ini selain ditanami dengan berbagai bunga juga ditanami dengan pohon jenis palem setinggi empat meter, sehingga menjadikan suasana ruangan semakin segar dan asri.

Sumber : utiket.com