Sabtu, 28 Desember 2013

Bandara Internasional Kualanamu Nan Istimewa


Bandara Kualanamu merupakan salah satu bandara internasioanal yang ada di Indonesia, tepatnya berada di Deli Serdang, Medan. Bandara Kualanamu merupakan bandara baru yang menggantikan Bandara Internasional Polonia Medan. Bandara Polonia memang sudah berusia lebih dari 70 tahun. Bandara Kualanamu mulai beroperasi pada tanggal 25 Juli 2013. Bandara Kualanamu sendiri mempunyai terminal penumpang dengan luas 6,5 hektar, fasilitas komersil seluas 3,5 hektar dan fasilitas kargo seluas 1,3 hektar. Sementara itu landasan pacunya memiliki panjang 3.750 meter.

Bandara ini dibangun dengan dua tahap dan digadang-gadang akan menjadi bandara tercantik di Indonesia. Berbagai fasilitas modern dan canggih sudah ada di sini. Bandara Kualanamu mempunyai 104 check-in counter dan sistem check-in counternya mempunyai model dan sistem yang mirip dengan Bandara Changi yang ada di Singapura. Bandara ini juga telah dilengkapi dengan transportasi kereta bandara pertama di Indonesia serta bangunan pelengkap lainnya yang ramah lingkungan.

Fasilitas bandara lainnya yang telah menggunakan teknologi canggih antara lain Common Use Passenger Processing System yang memungkinkan untuk menggunakan check-in counter secara bersama-sama, Baggage Handling System yang merupakan teknologi untuk layanan berupa konveyor angkutan bagasi penumpang usai melakukan cek in dan melakukan sortir otomatis terhadap bagasi tersebut untuk dikirim ke pesawat dengan tujuan dan nomor penerbangan secara akurat, Parking Management System merupakan sistem parkir bandara yang mampu memberi informasi secara rinci tentang jumlah parkir tersedia di tiap-tiap area, kapasitas parkir dan pembayarannya dengan electronic cash, serta masih banyak lagi sistem canggih lain yang telah digunakan oleh Bandara Kualanamu ini.

Bandara yang menjadi kebanggaan warga Sumatera Utara ini mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar daripada bandara sebelumnya, Bandara Polonia. Untuk itu Bandara Kualanamu diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan termasuk turis mancanegara untuk datang ke Sumatera Utara.

Sumber : utiket.com