Kamis, 06 Maret 2014

Pulau Kakaban Berau Indonesia


Tentang Pulau Kakaban

Pulau Kakaban adalah salah satu pulau unik yang berada di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulai ini merupakan pulau karang yang mempunyai laguna di tengah-tengahnya. Bentuk Pulau Kakaban sangat unik karena menyerupai angka sembilan dengan danau di bagian tengahnya, sehingga pulau ini terlihat seperti sedang memeluk danau. Oleh karena itu pulau ini dinamai Pulau Kakaban oleh penduduk sekitar. Kakaban diambil dari bahasa Suku Bajo yang berarti memeluk. Pulau Kakaban sudah terbentuk sejak ribuan tahun lalu. Luas pulau ini yaitu sekitar 774,2 hektar. Sedangkan luas total danau yang ada di tengahnya yaitu sekitar 5 kilometer persegi dan dikelilingi oleh dinding-dinding karang setinggi 50 m.

Saat Anda berkunjung ke pulau ini mungkin Anda akan sedikit kerepotan mencari jalan menuju lokasi danau. Anda harus melakukan sedikit pendakian untuk mencapai lokasi danau, mengingat Pulau Kakaban dikelilingi tebing yang lumayan tinggi. Daya tarik utama Pulau Kakaban adalah danaunya. Air di Danau Kakaban merupakan perpaduan dari tiga jenis air yang berbeda yaitu air laut, air hujan dan juga air tanah. Uniknya lagi, danau ini di penuhi dengan ubur-ubur. Di dunia ini hanya terdapat dua danau ubur-ubur dan Danau Kakaban adalah salah satunya yang merupakan danau ubur-ubur terbesar di dunia. Danau Kakaban juga mempunyai jenis ubur-ubur terbanyak dengan 4 spesies ubur-ubur yang berbeda. Jenis ubur-ubur itu antara lain Aurelia aurita, Tripedalia cystophora, Martigias papua dan Cassiopea ornata. Namun jenis ubur-ubur yang paling menarik yaitu jenis Cassiopea ornata karena jenis ubur-ubur ini berenang secara terbalik sehingga lain dari pada yang lainnya.

Meskipun Danau Kakaban ini di penuhi dengan ribuan ubur-ubur, danau ini tetap aman untuk menyelam karena ubur-ubur yang ada di sini tidak mempunyai sengat. Jadi Anda bisa menyelam dengan ribuan ubur-ubur yang ada di danau ini. Benar-benar pengalaman unik yang hanya bisa Anda dapatkan ketika Anda berkunjung ke Pulau Kakaban. Selain itu di Pulau Kakaban juga terdapat banyak titik selam yang dipenuhi dengan terumbu karang yang indah dengan berbagai gua dan lorong. Akan menambah pengalaman menyelam Anda jauh lebih menarik. Jadi sempatkanlah ke Pulau Kakaban saat Anda berkunjung ke Berau, Kalimantan Timur.

Pulau Kakaban merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Jika Anda merencanakan menginap, ketersediaan akomodasi dapat anda peroleh di Kepulauan Derawan yang mempunyai banyak penginapan dengan tarif mulai dari Rp. 100.000 per malam.

Akses ke Pulau Kakaban

Pulau Kakaban yang merupakan bagian dari Kepulauan Derawan ini bisa dicapai dari beberapa pulau lain yang berdekatan dengan Pulau Kakaban menggunakan speedboat sewaan yang berkapasitas 15 orang dengan tarif sewa sekitar Rp.500.000-Rp.1.000.000 per hari dan dengan lama perjalanan :
  • dari Pulau Derawan : sekitar 45 menit
  • dari Pulau Maratua : sekitar 30 menit
  • dari Pulau Sangalaki : sekitar 20 menit

Maskapai terbang ke Berau



Sumber : utiket.com