Selasa, 24 Desember 2013

Tetap Aman dan Nyaman Bepergian dengan Kereta Api



Pulau Jawa dan Sumatera memiliki kereta api sebagai salah satu moda transportasi yang banyak digunakan oleh penduduk di kedua pulau tersebut. Bepergian dengan menggunakan kereta api akan tetap nyaman dan aman dengan beberapa tips berikut ini:

Pesan tiket jauh hari dan hindari calo

Jika merencakan bepergian dengan kereta api pada saat liburan, terutama menjelang hari raya atau liburan sekolah,  sebaiknya Anda memesan tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket. Karena biasanya pada waktu-waktu tersebut Anda harus bersaing dengan para penumpang lain yang juga ingin berlibur menggunakan kereta api. Perlu diketahui bahwa tiket dapat di pesan H-90 atau 90 hari sebelum keberangkatan. Jadi, lebih cepat lebih baik. Hindari juga pembelian tiket melalui calo karena hanya akan merugikan Anda. So, Anda harus benar-benar gesit untuk memesan tiket pada saat high-season. 

Hitung durasi perjalanan

Saat ini sangat mudah untuk mengetahui jadwal perjalanan kereta api karena sudah bisa diakses secara online. Hitunglah lamanya perjalanan yang akan Anda tempuh sehingga Anda bisa memberi kabar pada orang di tempat tujuan atau bisa juga untuk menghindarkan diri terjebak kemacetan dalam perjalanan setelah keluar dari stasiun. Jangan lupa pula untuk datang lebih awal dari jam keberangkatan agar Anda tidak ketinggalan kereta.

Bawalah barang seperlunya

Membawa barang seperlunya berlaku bagi siapa saja yang bepergian dengan menggunakan moda transportasi umum. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kerepotan sendiri selama perjalanan. Membawa barang dalam jumlah banyak, selain menyusahkan Anda untuk membawanya juga bisa menggangu kenyamanan penumpang lainnya dan Anda pun akan kesulitan untuk mengawasinya.

Waspada terhadap tindak kriminal

Tetaplah waspada dimanapun Anda berada terutama saat sedang dalam perjalanan karena Anda tidak akan tahu siapa sebenarnya yang berada di samping Anda. Hindari untuk berpakaian dan menggunakan perhiasan yang berlebihan karena hal itu hanya akan memancing para pelaku tindak kriminal beraksi dengan cepat. Jaga agar pikiran Anda tidak kosong sehingga tidak menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan dengan cara hipnotis.

Periksalah barang bawaan sebelum turun

Anda bisa memperhitungkan kapan harus bersiap-siap turun karena pada saat kereta berhenti dan menurunkan semua penumpang maka bisa dipastikan para penumpang yang ada di dalam kereta tersebut juga akan menurunkan barang bawaannya. Tak usah panik, pastikan Anda telah memeriksa semua barang bawaan Anda sebelum turun agar tidak ada barang yang tertinggal.

Sumber : utiket.com