Jumat, 13 Desember 2013

Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2012: Bandara Incheon, Korea Selatan


Korea Selatan memang telah menjadi  negara yang menjadi pusat perhatian. Lihat saja fashion style, drama Korea hingga musik Korea yang terkenal dengan julukan K-Pop begitu mendunia. Tak sebatas itu saja, bandara utama di negara ini juga menjadi pusat perhatian dunia karena berhasil memborong berbagai penghargaan tiap tahunnya. Bandara itu adalah Bandara Incheon.

Bandara Incheon atau Incheon International Airport (IATA: ICN, ICAO: RKSI) berjarak sekitar 48 km dari Seoul, ibukota Korea Selatan. Bandara ini menggantikan Gimpo International Airport yang sudah tidak bisa menampung lonjakan penumpang di Korea Selatan pada tahun 1990 semenjak negara ini terpilih menjadi tempat berlangsungnya Olimpiade Musim Panas pada tahun 1988.

Bandara ini mulai dibangun pada tahun 1992 dan resmi dibuka pada 29 Maret 2001. Pembangunan bandara ini bertahap memasuki fase kedua pada tahun 2002 dan selesai pada tahun 2008. Sejak dibuka pertama kali pada tahun 2001, Bandara Incheon yang didesain oleh Denver’s Architects langsung mendapatkan predikat sebagai salah satu bandara terbaik di dunia. Bandara ini dibangun dengan menonjolkan kebudayaan Korea Selatan. Kubah atap bandara ini pun berupa gambaran kuil tradisional Korea Selatan.

Selain menjadi bandara terbaik di dunia, Bandara Incheon juag menjadi bandara tersibuk di dunia dengan menghubungkan 173 kota di 53 negara yang dilayani oleh sekitar 90 maskapai penerbangan seleuruh dunia. Gedung terminal bandara ini pun sangat luas, yakni mencapai sekitar 594.000 meter persegi. Memasuki terminal bandara ini, suasana kebudayaan Korea Selatan akan terasa sangat kental sekali mulai dari ornament, toko-toko yang ada di dalam terminal hingga para petugas terminal bandara yang mengenakan pakaian tradisional khas Korea Selatan.

Tiga landasan pacu dan 44 boarding gate di bandara ini mampu menampung pesawat jumbo seperti Airbus A380. Proses boarding di bandara ini pun juga terbilang sangat cepat , hanya memakan waktu sekitar sembilanbelas menit dan duabelas menit untuk proses kedatangan. Padahal standar dunia menerapkan selama 60 menit untuk proses boarding dan 45 menit untuk proses kedatangan.

Oleh Airport Council Internasional dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia pada tahun 2005-2010 secara berturut-turut. Pada tahun 2011 posisi tersebut direbut oleh Bandara Internasional Hongkong, namun pada tahun 2012 Bandara Incheon berhasil merebut kembali gelar tersebut. Bahkan oleh Skytrax, Bandara Incheon dinobatkan sebagai salah satu bandara bintang lima di dunia.

Tak mengherankan jika Bandara Incheon mendapatkan predikat tersebut karena bandara ini mengutamakan kenyamanan penumpangnya. Lihat saja kebersihan bandara yang memiliki tingkat luar biasa, ruang tunggu bandara yang nyaman, ruang khusus internet, tempat khusus mandi dan ganti pakaian. Selain itu, terdapat pula fasilitas lain seperti lapangan golf, zona permainan anak-anak, salon, spa, berbagai toko yang menjual aneka souvenir khas Korea Selatan, food court hingga fine dinning restaurant bahkan ada studio khusus yang bisa dipakai oleh para turis untuk berfoto mengenakan pakaian tradisional khas Korea Selatan.

Seni hiburan pun bisa anda nikmati di Bandara Incheon karena terdapat museum mini dimana anda dapat mendengarkan musik tradisional Korea Selatan. Tak hanya itu saja, di dalam bandara ini pun tersedia pula tempat pemandian tradisional Korea Selatan yang jarang dijumpai di berbagai bandara lain di dunia. Sedangkan di terminal basement, para turis akan disuguhi oleh berbagai bunga di taman mungilnya yang terdapat di sepanjang lorong. Untuk berpindah terminal pun para penumpang tidak perlu bersusah payah karena telah tersedia monorail antar terminal yang memudahkan para penumpang untuk berpindah terminal. Jika ingin bukti, anda bisa segera membuat jadwal traveling ke Negeri Ginseng ini dan bersiap-siaplah untuk mengagumi bandara terbaik di dunia ini. Happy traveling!

Sumber : utiket.com