Rabu, 11 Desember 2013

Tips Saat Penerbangan Transit


Bagi Anda yang sudah terbiasa berpergian menggunakan pesawat terbang pasti sudah tidak asing atau bahkan terbiasa dengan yang namanya transit. Transit sendiri berarti perhentian sementara untuk berganti pesawat. Ada banyak sebab yang mengakibattkan pesawat terbang harus mengalami transit, antara lain, okupasi tempat duduk, jarak yang di tempuh terlalu jauh atau untuk rute luar negeri biasanya adanya kerjasama bilateral antara pemerintah dengan maskapai tertentu. Di Indonesia sendiri ada beberapa maskapai yang mengharuskan rute tertentu untuk transit. Sementara itu melalui Surat Edaran Direktorat Jendral Perhubungan Udara juga sudah mengatur tentang prosedur keamanan penumpang dan transefer. Anda yang sudah terbiasa pasti tahu bagaimana dan apa saja yang harus di lakukan saat pesawat mengalami transit, tapi bagi Anda yang belum pernah mengalaminya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak kebingungan saat pesawat Anda transit:

Saat membeli tiket pesawat sebaiknya di tanyakan terlebih dahulu dengan jelas apakah pesawat Anda transit atau langsung, tanyakan juga berapa lama kira-kira waktu transitnya. Anda juga bisa menanyakan penerbangan Anda hanya transit atau ganti maskapai.

Saat di Bandara, perhatikan dengan seksama penerbangan selanjutnya, cek boarding pass Anda apakah sudah sesuai atau belum dengan jadwal yang ada. Perhatikan juga waktu transit Anda, nama pesawat dan nomer penerbangan. Jika Anda ragu silahkan menghubungi petugas bandara.

Jika Anda harus transit dan ganti terminal maka sebaiknya Anda bertanya kepada petugas, terminal mana yang sesuai dengan tujuan akhir serta pintu keberangkatannya. Akan lebih baik jika maskapai menyediakan bus untuk pindah terminal, namun jika tidak Anda bisa keluar melalui pintu kedatangan dan kemudian lanjut menggunakan shuttle bus bandara.

Jangan lupa perhatikan juga barang bawaan Anda, jangan lupa untuk memberi tanda pengenal dengan jelas, serta mintalah label kepada petugas check in yang mudah di baca. Sebelum meninggalkan pesawat jangan lupa cek barang bawaan Anda di kabin, jangan sampai ada yang tertinggal.

Saat pesawat mendarat awak kabin akan memberi pengumuman kepada penumpang yang akan melanjutkan penerbangan. Penumpang yang akan melanjutkan penerbangan biasanya di haruskan melapor ke petugas bandara atau tetap tinggal di pesawat. Jika, penumpang di minta untuk tetap tinggal maka petugas bandaralah yang akan memeriksa ke kabin. Selalu patuhi aturan yang ada, dan jangan ragu untuk bertanya.

Sumber : utiket.com