Jumat, 20 Desember 2013

Tips Menyimpan Mata Uang Asing saat Traveling




Dollar merupakan mata uang yang paling fleksibel untuk digunakan saat Anda traveling ke luar negeri. Meski begitu mata uang dollar AS perlu perlakuan khusus agar nilai tukarnya tidak turun dan akhirnya hanya akan merugikan Anda. Ada beberapa trik yang harus diperhatikan untuk menyimpan dollar agar tidak merugikan Anda:

Mintalah dollar terbaru saat penukaran


Saat Anda menukarkan uang rupiah Anda di money changer di Indonesia, mintalah dollar dengan terbaru. Jika Anda menukarkan saat ini berarti Anda harus meminta dollar dengan cetakan 2013 atau minimal tahu 2012. Karena semakin tua tahun cetakannya, maka kemungkinan besar nilai tukarnya juga akan semakin turun. Money changer mungkin tidak akan memberitahu Anda tentang hal ini namun Anda harus lebih teliti dan ingat bahwa Anda berhak meminta info kepada mereka.

Tempatkan dollar dengan benar dan hati-hati

Saat Anda menukarkan uang dollar di money changer yang masih rapi dan belum terlipat atau rusak  maka nilai tukarnya akan lebih tinggi dibandingkan dengan dollar yang sudah terlipat atau sedikit rusak. Untuk itu agar Anda tidak merugi nantinya, simpan uang dollar Anda dengan baik. Taruh di amplop jangan di dompet kecuali uang dollar pecahan kecil yang memang akan Anda gunakan untuk berbelanja bisa Anda simpan di dompet. Namun untuk uang dollar yang kemungkinan masih bisa ditukarkan nanti Anda wajib menjaganya dengan baik.

Belanjakan uang dollar dari pecahan terkecil


Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda menukarkan uang dollar pecahan kecil di money changer yang ada di Indonesia maka uang anda tersebut akan dihargai lebih murah. Untuk itu jika Anda berniat menyisakan uang dollar Anda maka Anda harus menjaga pecahan 100 dollar sedangkan untuk belanja gunakan pecahan yang paling kecil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian Anda jika nantinya Anda akan menukarkan uang dollar Anda kembali saat pulang ke Indonesia.

Hati-hati menukar dollar di luar negeri


Jika Anda menukarkan dollar di luar negeri maka Anda harus hati-hati dan teliti. Perhatikan setiap lembar uang dollar yang Anda terima. Jangan menerima uang dollar yang sudah rusak, kusut, atau ada cap dan tulisannya. Bentuk kerusakan seperti apapun pada dollar Anda bisa mengurangi nilai tukar dollar Anda di money changer Indonesia nantinya.

Belanjakan dollar yang cacat

Jika Anda ternyata mendapatkan dollar yang sudah kusut, cacat ataupun bercap sebaiknya gunakan dollar tersebut untuk berbelanja karena para pedagang di negara tujuan Anda tidak akan mempermasalahkan hal itu dan berarti nilai mata uang tersebut tidak turun.

Sumber : utiket.com