Senin, 23 Desember 2013

Tips Meninggalkan Rumah Saat Traveling


Banyak hal yang harus kita persiapan saat akan pergi traveling. Bukan hanya jadwal perjalanan dan biaya traveling, namun keamanan rumah Anda juga harus diperhatikan. Traveling bersama keluarga akan terasa lebih menyenangkan jika Anda Anda telah mempersiapkan semuanya. Rasa khawatir saat pergi meninggalkan rumah kosong tanpa penjagaan yang tepat akan menimbulkan perasaan khawatir yang bisa mengganggu liburan Anda bersama keluarga. Berikut ada beberapa tips untuk mengamankan rumah Anda saat traveling:

Pastikan semua pintu terkunci

Hal utama yang harus dilakukan sebelum Anda berangkat traveling bersama keluarga yaitu tutup dan kunci seluruh jendela dan pintu rumah. Lakukan pengecekan berulang-ulang untuk memastikan bahwa semuanya telah aman. Selain itu Anda bisa menambahkan kunci atau gembok tambahan pada pintu pagar. Masukan kunci rumah di koper atau tas yang aman. Ingat jangan sampai hilang maupun ketinggalan.

Jangan ragu untuk minta bantuan tetangga
Tentu Anda mempunyai tetangga rumah bukan? Anda bisa meminta tolong kepada tetangga untuk turut menjaga rumah Anda saat Anda pergi. Selain itu dengan memberitahu kepada tetangga, Anda juga bisa mengecek keadaan rumah Anda setiap harinya dengan telpon ataupun mengirim SMS kepada tetangga. Tetangga juga bisa memberitahu tamu yang mencari Anda bahwa Anda sedang tidak berada di rumah.

Jangan lupa matikan barang eletronik

Sebelum melakukan perjalanan, amankan semua barang elektronik. Cabut aliran listriknya untuk menghindari resiko konsleting saat Anda tinggalkan untuk bepergian. Namun tak ada salahnya Anda menyalakan lampu luar untuk memberikan penerangan pada rumah dan tentu saja untuk mencegah maling memasuki rumah. Selain listrik, usahakan aliran gas kompor juga terhenti. Sebaiknya tutup tabung dengan kain basah agar lebih aman.

Simpan barang berharga di tempat aman
Barang-barang yang dirasa penting dan berharga termasuk surat-surat penting dan perhiasaan harus disimpan dengan benar. Bila perlu Anda bisa menyiapkan koper khusus untuk menyimpan benda-benda berharga Anda. Jangan lupa untuk menguncinya dengan aman dan menaruhnya ke dalam lemari yang terkunci.

Pastikan rumah dalam kondisi baik

Sebelum traveling ada baiknya Anda melalukan pengecekan seluruh bagian rumah terlebih dahulu beberapa hari sebelum Anda berangkat. Jangan sampai Anda meninggalkan rumah dalam keadaan kosong sementara atap-atap atau temboknya bocor. Periksa juga kran air, jangan sampai rumah tergenang air saat Anda tinggal berpergian.

Sumber : utiket.com