Rabu, 25 Desember 2013

Cara Memesan Tiket Kereta Api


Saat ini sudah tersedia banyak pilihan untuk memesan tiket kereta api. Anda tinggal menentukan cara mana yang menurut Anda lebih praktis. Namun harap diperhatikan bahwa terdapat perbedaan cara pemesanan tiket kereta api untuk kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. Untuk pemesanan tiket KA kelas ekonomi pada dasarnya hanya bisa dilakukan melalui loket PT. KAI yang ada di stasiun KA. Sedangkan untuk kelas bisnis dan eksekutif terdapat berbagai cara yang bisa digunakan untuk memesan tiket, diantaranya melalui:

Loket PT. KAI di Stasiun Kereta Api

Memang tidak dapat disangkal lagi bahwa memesan tiket KA melalui stasiun KA merupakan hal yang semua orang sudah mengetahui dan merupakan cara teraman karena loket penjualan tiket di stasiun KA merupakan pusatnya. Loket ini melayani pembelian tiket sejak 30 hari hingga tiga jam sebelum kereta berangkat. Pembeli pun bisa langsung membayar sesuai dengan harga tiket dan mendapatkan tiketnya. Untuk pembelian tiket dengan tarif reduksi pun hanya bisa dilakukan di loket ini.

Loket Penjualan Tiket di Kantor Pos, Agen dan Gerai Tiket KA

Saat ini sudah tersedia loket penjualan tiket KA di kantor pos, namun hanya terdapat di kantor pos yang sudah memiliki sistem online saja. Loket ini melayani pembelian tiket sejak 30 hari hingga dua hari sebelum jadwal keberangkatan kereta. Selain itu, saat ini juga sudah terdapat banyak agen tiket KA baik berupa travel agent ataupun perorangan. Untuk pembelian di gerai tiket KA bisa dilakukan antara lain di Indomaret, Alfamart, 7-Eleven, Lawson, dan Alfa Express. Pembeli bisa langsung membayar dan mendapatkan tanda bukti pembelian tiket yang berisi kode booking yang bisa digunakan untuk mencetak tiketnya di stasiun KA. Untuk pembelian tiket KA di semua tempat ini dikenakan tambahan biaya pemesanan dan tidak melayani pembelian tiket dengan tarif reduksi.

Menghubungi Call Center

Pembelian tiket KA juga dilayani melalui Call Center PT. KAI di nomor 121 atau 021-121/21391121. Layanan ini buka selama 24 jam. Saat menghubungi call center ini pembeli akan dimintai keterangan rute yang diinginkan dan identitas penumpang. Setelah itu akan diberi kode booking dan harus dibayar dalam jangka waktu maksimal tiga jam setelah pemesanan. Jika melebihi tiga jam belum dibayar maka tiket tersebut akan hangus. Untuk pembayaran tiket yang dipesan melalui call center bisa dilakukan melalui ATM, internet banking, gerai tiket KA dan kantor pos. Semua bentuk bukti pembayaran bisa digunakan untuk mencetak tiket di stasiun KA.

Memesan Online dan Melalui ATM

Terdapat banyak website yang menawarkan pembelian tiket KA secara online, salah satunya melalui website resmi PT. KAI. Selain itu, terdapat juga beberapa aplikasi ponsel yang memudahkan dalam pembelian tiket. Jika memesan secara online, maka pembayaran dilakukan sesuai dengan pembayaran yang diterapkan oleh masing-masing website dan aplikasi. Pembayaran untuk pemesanan online melalui website resmi PT. KAI bisa melalui ATM beberapa bank yang ditunjuk , seperti BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri dan lain-lain. Bisa juga melalui kantor pos, Indomaret, Alfamart, CIMB Clicks, e-Commerce BCA dan kartu kredit. Kalau nggak mau ribet bisa juga langsung memesan melalui ATM terdekat. PT. KAI sudah bekerja sama dengan beberapa bank dalam hal pembelian tiket langsung melalui ATM.

Menggunakan Rail Card dan Drive Thru

Rail Card merupakan pengganti uang tunai untuk membeli tiket KA dalam bentuk kartu prepaid. Selain itu, kartu ini juga berfungsi sebagai kartu keanggotaan KA. Kartu perdana Rail Card seharga Rp. 20.000 dan dapat diisi ulang hingga Rp. 1.000.000. Kartu ini bisa diperoleh melalui berbagai kantor cabang BNI dan customer service di stasiun KA. Penggunaannya melalui Rail Box yang tersedia di berbagai stasiun besar, mall dan berbagai tempat yang telah ditentukan. Selain itu, pemesanan tiket Drive Thru pun telah disediakan oleh PT. KAI. Namun saat ini baru terdapat di beberapa stasiun saja, seperti Stasiun Gambir, Cirebon dan Semarang Tawang. Layanan Drive Thru ini buka pada pukul 07.00-19.00 WIB. 

Sebagai catatan, pencetakan tiket dari semua bentuk bukti pembayaran tiket KA harus dilakukan maksimal satu jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Nah, sangat mudah dan banyak pilihan kan untuk memesan tiket KA?

Sumber : utiket.com