Selasa, 03 Desember 2013

Tips Mencegah Stress Saat Bepergian


Saat-saat liburan tentunya merupakan saat yang menyenangkan. Namun bagaimana jika liburan yang sedang Anda jalani ternyata justru membuat Anda stress? Simak tips berikut ini untuk mencegah agar tidak stress saat bepergian:

Rencanakan dengan baik aktivitas Anda
 

Pola aktivitas dengan rencana yang matang dapat mengurangi stress Anda. Anda bisa melakukan semua hal yang Anda suka seperti olahraga, memancing atau bermain catur.

Banyak minum air putih

Banyak yang menganggap bahwa banyak minum bir atau anggur dapat menghilangkan stress. Faktanya justru air putihlah yang dapat menghilangkan stress. Dengan meminum segelas atau dua gelas anggur ketika Anda sedang stress memang dapat membuat Anda rileks, namun hal tersebut tidak akan berlangsung lama karena setelah efek alkoholnya hilang, stress akan muncul kembali. Sedangkan dengan banyak minum air putih akan membantu memulihkan tubuh dari kekurangan cairan yang dapat menyebabkan kelelahan.

Meditasi

Banyak pakar kesehatan berpendapat bahwa meditasi adalah sarana yang tepat untuk membantu menghilangkan stress. Meditasi dapat membantu membersihkan pikiran serta meningkatkan konsentrasi. Terbukti meditasi selama 15 menit sama halnya dengan kita beristirahat selama satu jam.

Menari

Melakukan sedikit gerakan tarian yang Anda suka juga dapat membantu menghilangkan stress yang berlebih. Kegiatan ini dapat membuat Anda rileks dan tidak tegang.

Atur pola makan

Kadar insulin di dalam tubuh dipengaruhi oleh makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Jika kadar insulin dalan tubuh meningkat maka dapat menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah dan mood menjadi jelek. Ketika Anda sedang stress ada baiknya Anda memakan makanan yang tidak mengandung karbohidrat tinggi.

Tidur yang cukup

Jangan sampai kurang tidur karena akan berpengaruh pada aktifitas keseharian. Tidurlah 7 jam sehari agar tubuh menjadi segar dan rileks kembali.

Sumber : utiket.com