Sabtu, 18 Januari 2014

Festival Danau Sentani


Danau Sentani yang menjadi salah satu obyek wisata danau terbesar di Papua memang memiliki pesona tersendiri. Untuk lebih meningkatkan dan mengenalkan wisata kawasan Danau Sentani ke dunia pariwisata baik domestik maupun mancanegara diadakan Festival Danau Sentani. Dalam kata lain, Festival Danau Sentani merupakan pembangunan pariwisata yang bertumpu pada kekayaan alam dan budaya masyarakat setempat.

Festival Danau Sentani biasa digelar di sekitar Danau Sentani. Event wisata ini pertama kali diadakan pada tanggal 19 Juni 2008 dan berlangsung selama 5 hari berturut-turut. Sampai saat ini Festival Danau Sentani sudah menjadi agenda acara tahunan yang rutin dimulai setiap tanggal 19 Juni tiap tahunnya.

Dalam acara ini terdapat tiga agenda pokok yaitu :
  1. Pagelaran budaya : menampilkan berbagai atraksi budaya seperti lomba dayung, anyam rambut keriting, pembuatan sagu secara tradisonal, tari-tarian tradisonal dan upacara adat. Pengunjung juga dapat mencicipi berbagai makanan khas Papua yang disuguhkan seperti bubur sagu khas Papua yang biasa disebut papeda, bagea (kue sagu), dan sirih pinang yang menjadi kegemaran masyarakat Papua.
  2. Pameran barang seni Papua : menyuguhkan aneka kerajinan khas Papua seperti batik Papua dan noken. Noken merupakan tas khas Papua yang terbuat dari serat kulit kayu.
  3. Tour wisata : mengajak pengunjung untuk menikmati tour Danau Sentani, tour Kota Sentani dan tour kanal.
Peserta yang mengikuti Festival Danau Sentani ini didominasi oleh masyarakat Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Selebihnya peserta acara ini berasal dari luar Papua maupun masyarakat Papua sendiri.

Dari tahun ke tahun, wisatawan yang berkunjung menyaksikan Festival Danau Sentani mengalami kenaikan baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Festival Danau Sentani telah menjadi salah satu event wisata kebanggaan nasional dan merupakan wonderful Indonesia khususnya wonderful Sentani. 

Maskapai terbang ke Jayapura

Lion Lion
Xpress Xpress
Merpati Merpati
Garuda Garuda
Sriwijaya Sriwijaya
Sky Sky

Cari Tiket murah ke Jayapura 

Sumber : utiket.com