Selasa, 07 Januari 2014

Nasi Liwet Khas Solo


Jalan-jalan ke Solo rasanya kurang afdol jika tidak mencoba salah satu kuliner andalan kota ini. Yups, salah satu kuliner khas Solo yang wajib dicoba adalah nasi liwet. Nasi liwet Solo sebenarnya makanan sederhana yang berupa nasi, sayur dan lauk pauk. Namun soal rasa tak sesederhana kelihatannya.

Rasanya gurih dan mantap sehingga dijamin semua orang pasti akan ketagihan setelah mencobanya. Nasi liwet rasanya memang lebih gurih daripada nasi putih pada umumnya, karena dimasak dengan menggunakan santan. Nasi liwet disajikan bersama dengan sayur labu siam, aneka lauk pauk yang bisa dipilih seperti ayam, telor, uritan serta dilengkapi dengan kumut atau santal kental yang gurih. Nasi liwet biasanya disajikan menggunakan daun pisang yang dibentuk segitiga atau dipincuk. 

Pedagang nasi liwet umumnya adalah wanita yang berpenampilan tradisional menggunakan kebaya khas. Di Solo sendiri banyak pedagang nasi liwet yang bisa ditemui, tepatnya di daerah Jalan Teuku Umar, Keprabon Keraton Mangkunegaran atau timur Ngarsopuro. Namun, ada satu warung nasi liwet yang sudah sangat terkenal dan sudah ada sejak tahun 1950 namanya Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Warung ini disebut-sebut sebagai generasi pertama pelopor nasi liwet khas Solo. Konsep warungnya lesehan sehingga suasana jadi terasa lebih akrab. Uniknya sembari menikmati gurihnya nasi liwet kita bisa mendengarkan nyanyian jawa yang merdu. Usai makan, Anda pun bisa mencoba menikmati enaknya wedang ronde. Nasi liwet Bu Wongso biasanya buka pada jam enam sore hingga jam dua belas malam. Harga seporsi nasi liwet yang ditawarkan tidaklah mahal, cukup  Rp 10.000,- hinggga Rp 17.000,-. Gurihnya nasi liwet pun sudah bisa Anda rasakan.

Maskapai terbang ke Solo

Silkair


Sumber : utiket.com