Rabu, 15 Januari 2014

Etika Makan Berbagai Negara


Bila traveling ke suatu negara tentunya kita harus tahu adat dan kebiasaan dari negara yang bersangkutan. Ibarat pepatah, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya yang artinya setiap daerah atau negara pastinya memiliki adat istiadat atau kebiasaan yang berbeda. Begitu juga dengan aturan makan. Setiap negara mempunyai aturan atau etika makan yang berbeda. Mungkin beberapa akan terdengar lucu atau aneh bagi Anda, namun saat Anda berada di negara tersebut mau tak mau Anda harus mematuhinya: 

Prancis

Di Prancis ada aturan makan yaitu jangan memakan roti sebagai hidangan pembuka. Anda harus memakan roti yang dihidangkan bersama menu utama. Selain itu orang Prancis juga punya kebiasaan menyendok makanan menggunakan roti, dan yang lebih penting jangan sekali-kali mendiskusikan siapa yang akan membayar makanan karena patungan membayar tagihan makanan di Prancis dianggap tidak sopan. 

Cina

Jika Anda memesan ikan saat makan di restoran lokal di Cina, jangan sekali-kali memakan ikan dengan cara membalik ikan saat daging bagian atas sudah habis. Membalik ikan berarti “Dao Yue” atau bernasib buruk. Makanlah ikan dengan cara membuang semua durinya terlebih dahulu baru kemudian memakan dagingnya. Bersendawa dan membuat meja berantakan ketika makan mungkin dianggap tidak sopan di Indonesia, namun di Cina hal ini berarti kepuasaan dan pujian kepada koki serta menandakan bahwa Anda menikmati hidangan yang disediakan. 

Korea

Menghormati orang tua merupakan salah satu keharusan yang dijunjung tinggi di Korea. Bahkan ketika kita berada di meja makan. Saat ada orang tua yang menyajikan minuman kepada Anda, maka Anda hendaknya menerima dengan kedua tangan dan menganggukan kepala. Setelah itu cicipilah minuman tersebut sebagai tanda penghormatan. Jika Anda makan satu meja dengan orang tua jangan sekali-kali mulai makan sebelum orang tua memulai. Begitu juga saat selesai, tunggulah orang tua beranjak dari meja makan, barulah Anda. 

Chili

Chilli mempunyai etika makan yang formal. Menyentuh makanan menggunakan tangan secara langsung di Chili dianggap tidak sopan, sekalipun itu hanyalah kacang ataupun kentang goreng. Orang Chili terbiasa makan dengan menggunakan sendok, garpu dan pisau. 

Italia

Jangan pernah meminta keju ekstra saat Anda makan di Italia karena hal tersebut akan dianggap sebuah dosa. Selain itu orang Italia hanya meminum cappuccino di pagi hari saja. Akan dianggap aneh bila Anda memesan cappuccino saat makan siang atau malam di negara ini. 

Jepang

Ada beberapa aturan makan di Jepang yang wajib Anda taati. Antara lain tidak boleh memberikan makanan dengan menggunakan sumpit ke piring seseorang serta jangan pernah menunjuk orang menggunakan sumpit saat sedang makan karena hal ini akan dianggap menghina orang tersebut. Selain itu hindari juga menggerak-gerakan tangan saat sedang memegang sumpit, menusukan sumpit ke makanan juga akan dianggap tidak sopan. 

Portugal

Sebaiknya jangan meminta garam ataupun merica tambahan saat Anda menikmati makanan di negara Portugal. Meminta tambahan garam dan merica di negara ini dianggap sebagai penghinaan terhadap chef, apalagi jika Anda belum mencicipi masakan tersebut.

Sumber : utiket.com