Kamis, 09 Januari 2014

Angkringan Kopi Joss


Menikmati kota Jogjakarta memang tak ada habisnya, mulai dari wisata hingga kulinernya. Di sudut kota ada salah satu tempat yang menjadi favorit banyak orang, baik traveler, mahasiswa maupun warga lokal. Tempat ini menjadi sudut yang menyenangkan diantara ramainya kota Jogjakarta. Tempat yang cocok untuk sekedar bersantai dan saling bertukar pikiran dengan teman. Namanya Angkringan Lik Man, angkringan ini berada di dekat Malioboro dan Stasiun Tugu atau terletak di Jalan Wongsodirjan, Jogjakarta. Angkringan Lik Man merupakan salah satu angkringan legendaris di Jogjakarta. Konon angkringan ini merupakan angkringan generasi awal di Jogjakarta yang telah berjualan dari tahun 1950an. Dahulu warung dengan konsep angkringan disebut dengan “Ting-ting Hik”. Nama asli Lik Man sendiri adalah Siswo Raharjo dan merupakan putra dari Mbah Pairo, seorang pedagang angkringan pertama di Jogjakarta. Baru pada tahun 1969 angkringan ini diwariskan kepada Lik Man dan masih dikelola hingga saat ini. Angkringan ini buka mulai dari jam enam sore hingga dini hari. 

Menu di angkringan Lik Man mungkin relatif sama dengan puluhan bahkan ratusan angkringan yang ada di daerah ini yaitu nasi kucing, aneka gorengan, baceman serta sate-satean seperti sate usus, sate ati, sate kerang dan lain-lain. Tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mencicipi semua menu di sini. Bisa dipastikan setiap menu harganya di bawah  sepuluh ribu rupiah. Ada juga aneka minuman, namun ada satu minuman unik di angkringan ini. Namanya Kopi Joss. Kopi Joss adalah kopi panas hitam dan kental yang ditambah dengan arang panas, sehingga terdengar bunyi joss pada kopi saat arang panas dicelupkan. Bukan hanya rasanya yang mantap, namun kopi ini juga dipercaya berkhasiat menghilangkan penyakit lambung seperti mulas dan kembung. 

Kopi Joss menjadi menu favorit di angkringan ini. Banyak orang penasaran dan ingin mencobanya. Apalagi untuk para penggemar kopi. Beberapa tokoh terkenal juga pernah mampir dan menikmati Kopi Joss Lik Man ini seperti seniman Butet Kertasajasa, Emha Ainun Nadjib, Djaduk Ferianto, Marwoto, serta pakar kuliner Bondan Winarno. Menikmati segelas Kopi Joss panas sembari menikmati suasana kota Jogjakarta di malam hari tentu akan menjadi salah satu pengalaman wisata yang berkesan bagi Anda.

Untuk menuju ke tempat ini bila Anda datang dari arah utara atau dari Tugu Jogjakarta, langsung saja menuju ke arah selatan. Sebelum sampai di Stasiun Tugu, belok ke arah barat. Nah letak Angkringan Lik Man tidak jauh dari belokan.

Maskapai terbang ke Jogjakarta


Sumber : utiket.com