Jumat, 24 Januari 2014

Pantai Pulau Kepa Indonesia


Tentang Pantai Pulau Kepa

Pantai Pulau Kepa terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Kepa sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari kota Kalabahi, ibu kota Kepulauan Alor. Pulau ini dikenal juga dengan sebutan “a Pettite” Kepa yang berarti Kepa Kecil. Sebuah pantai yang menawarkan kejernihan air, keputihan pasir dan ketenangan alam. Ini sangat cocok untuk para pelancong yang memang menginginkan sebuah tempat yang jauh dari keramaian dan kebisingan. Selain dapat menikmati pemandangan nan eksotik dari pantai ini, para wisatawan dapat juga melakukan kegiatan snorkeling ataupun diving. Selain itu di tempat ini memang ditawarkan paket untuk diving maupun snorkling. Yaa, bisa dikatakan pantai pulau Kepa ini merupakan salah satu spot bagi para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk snorkling ataupun diving. Kegiatan snorkling dapat dilakukan kurang lebih setengah hari. Biayanya pun lumayan terjangkau yakni kurang lebih sebesar Rp 50.000 per orang. Sedangkan untuk kegiatan diving sendiri memang agak lama dari pada snorkling, hal ini dikarenakan para wisatawan akan diajak untuk menuju spot penyelaman menggunakan kapal motor. Adapun biaya yang dikenakan untuk diving juga bervariasi. Penyelam dapat memilih antara harga diving sendirian atau harga paket.

Harga diving untuk per orang kurang lebih sekitar 26 € / dive atau dapat memilih harga paket yang ditawarkan yakni berkisar 56 € untuk dua orang (selama satu hari). Untuk sekali perjalanan memang minimal harus dua orang yang ikut, dengan kata lain tidak dapat hanya satu orang saja. Kalau mau lebih hemat bisa datang dengan rombongan. Semakin banyak yang ikut maka harga yang ditawarkan pun akan semakin murah. Paket snorkeling dan diving ini ditawarkan oleh salah satu resort yang terletak di Pulau Kepa yang bernama Cedric Resort & Bungalow yang dimiliki oleh warga negara Perancis. Selain paket snorkling dan diving, wisatawan juga dapat menyewa sebuah bungalow di resort ini. Bungalow terbuat dari kayu dan dapat disewa dengan biaya berkisar antara Rp 150.000 sampai dengan Rp 300.000 per orang. Wah, lumayan mahal juga ya. Kalau ingin yang lebih terjangkau, sedikit tips dari kami silahkan saja bawa tikar atau alas duduk untuk sekedar melepas lelah. Itu jauh lebih murah pastinya. Jadi bisa bersnorkeling ria. Lumayan kan, kalau bisa sekalian saja bawa bekal dari rumah, memang agak sedikit repot namun itu akan sangat menekan biaya pengeluaran. Tapi ingat tetap jaga kebersihan lingkungan agar keindahan pantai tetap terjaga. See you next trip.


Akses ke Pantai Pulau Kepa
 
Jarak antara Kepulauan Alor Kecil dengan Pulau Kepa hanya 500 meter atau bisa dikatakan yaa.. dekatlah.. Kelihatan mata kata orang. Namun tentunya untuk sampai ke Pulau Kepa sendiri, tidak dapat menggunakan kendaraan pribadi. Kecuali para pengunjung memiliki perahu, sampan atau speedboat pribadi untuk dapat menyeberangi lautan hingga ke Pulau Kepa. Namun jangan khawatir karena untuk menuju ke pulau ini telah disediakan sarana transportasi berupa perahu nelayan. Biayanya pun relatif terjangkau yakni sekitar Rp 15.000 per orang. Di sini para nelayan tidak hanya menawarkan jasa antar-jemput, namun juga dapat melayani pegunjung berkeliling Pulau Kepa. Biayanya pun lumayan terjangkau, yakni kurang lebih sekitar Rp 75.000 per orang.

Maskapai terbang ke Alor Island


 Merpati Merpati
Transnusa Transnusa