Senin, 02 Desember 2013

Tips Menawar Saat Liburan


Selain tempat-tempat wisata yang indah, traveling juga merupakan kegiatan yang tidak pernah lepas dari biaya. Anda tentunya harus memiliki budget terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk traveling. Saat traveling tentunya Anda akan mencari akomodasi, mengunjungi tempat-tempat wisata, menyewa kendaraan, mencicipi sajian kuliner bahkan membeli souvenir untuk oleh-oleh. Sebagian diantaranya memang sudah pasti merupakan harga pas yang tidak dapat ditawar lagi. Namun saat Anda menjumpai harga yang bisa ditawar, Anda bisa melakukan beberapa jurus sebagai berikut untuk mendapatkan harga terbaik:

Menentukan pilihan

Sebaiknya menentukan pilihan apa saja yang akan Anda ambil. Setelah menentukan pilihan, Anda bisa bernegosiasi dengan penjual. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir biaya pengeluaran agar tidak menguras kantong Anda.

Ramah

Dimanapun Anda berada, bersikap ramah akan menimbulkan kesan yang baik. Apalagi di saat Anda sedang melakukan penawaran harga. Bersikaplah ramah terhadap para penjual. Dengan begitu, mereka pun akan merasa senang dan bisa mendekatkan diri Anda kepada para penjual tersebut.

Berkomunikasi dengan baik dan sopan

Komunikasi yang baik dan sopan juga merupakan kunci untuk menawar harga. Keakraban antara Anda dengan penjual pun akan terjalin sehingga bisa menciptakan suasana yang nyaman untuk bernegosiasi. Siapa tahu juga dengan cara berkomunikasi seperti itu ketika Anda kembali lagi di lain waktu, si penjual tersebut akan memberikan harga khusus kepada Anda.

Mengajak kawan setempat

Jika Anda pergi traveling ke suatu lokasi dimana Anda memiliki teman asli daerah itu maka Anda bisa meminta tolong kepadanya untuk melakukan penawaran harga. Apalagi jika Anda berkeinginan membeli barang di pasar tradisional setempat, tentunya para penjual akan memberikan harga yang lebih tinggi di saat mengetahui bahwa Anda adalah seorang wisatawan. Dengan mengajak kawan setempat, setidaknya kawan Anda tersebut fasih berbahasa daerah yang dimengerti oleh kebanyakan penjual di pasar tradisional dan Anda pun bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Berbagi informasi

Tidak ada salahnya untuk berbagi informasi kepada orang lain yang Anda temui saat traveling. Berbagi informasi juga bisa membantu Anda untuk melakukan penawaran harga. Dengan berbagi informasi kepada orang lain tentunya Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya yang sebelumnya tidak Anda ketahui. Berbagi informasi tidak akan merugikan Anda, namun justru akan membuat Anda memiliki lebih banyak informasi.

Sumber : utiket.com