Minggu, 22 Desember 2013

Tips Menghindari Taksi Nakal Saat Traveling


Taksi merupakan salah satu alat transportasi yang dengan mudah bisa kita temui di kota-kota besar. Alat transportasi ini juga sangat nyaman dibandingkan alat transportasi lainnya seperti bus kota yang harus berdesak-desakan di dalamnya. Selain itu, taksi juga lebih praktis karena kita tinggal duduk santai di dalam maka supir taksi akan mengantar kita tepat di tempat tujuan. Namun seringkali kita merasa ragu untuk menggunakan taksi mengingat banyaknya supir-supir taksi nakal yang hanya ingin mencari keuntungan dari penumpang apalagi jika mereka tahu bahwa Anda seorang turis. Banyak pula kejahatan terjadi di taksi namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari para oknum taksi nakal:

Pilih Argo

Biasanya ketika Anda akan menaiki taksi, beberapa supir taksi akan menawarkan harga untuk mencapai tempat tujuan. Namun Anda harus jeli, jangan mudah percaya. Mintalah supir taksi untuk tetap menyalakan argonya agar Anda tahu berapa harga yang sebenarnya. Siapa tahu akan jauh lebih murah. Jika supir taksi tetap tidak mau juga, lebih baik cari taksi yang lain saja.

Pastikan Arah Jalannya

Supir taksi yang nakal akan membuat perjalanan Anda jauh lebih lama dibanding dengan yang seharusnya. Untuk itu sebaiknya Anda pastikan dahulu arah jalannya. Anda bisa menanyakannya ke orang atau gunakan teknologi yang ada. Dengan smartphone Anda bisa menggunakan failitas GPS agar lebih pasti.

Cari Informasi

Sebaiknya Anda juga mencari informasi terlebih dahulu tentang tarif taksi untuk rute Anda. Anda bisa mencari informasi via internet agar nantinya Anda bisa memperkirakan kisaran tarifnya. Ini penting untuk menghindari pembengkakan tarif yang mungkin bisa direkayasa.

Cek Kelengkapan Taksi

Anda bisa meminta kepada petugas bandara atau hotel untuk memanggilkan taksi saat Anda masih berada di bandara atau hotel. Anda juga bisa menggunakan taksi resmi yang ada di sana karena keamanannya tentu akan lebih terjamin. Namun jika Anda telah berada di jalanan di kota, sebelum memilih taksi ada baiknya Anda mengecek semua kelangkapannya mulai dari nomor kendaraan, nama perusahaan taksi sampai nama supir taksi penting untuk Anda lihat.

Siapkan Uang Receh

Pecahkan uang Anda menjadi uang recehan atau uang kecil agar nantinya tidak merepotkan Anda saat harus membayar, salah satunya saat membayar taksi. Ada kasus dimana supir taksi mengaku tidak punya kembalian sehingga Anda harus merelakan kembalian Anda. Bayarlah dengan uang yang pas saja agar tidak menjadi alasan supir taksi untuk mencari keuntungan lebih dari Anda.

Sumber : utiket.com